Kampus Terbaik Di Medan Provinsi Sumatera Utara

Unipma Beberapa universitas terbaik di kota Medan, Sumatera utara baik universitas swasta maupun universitas negeri. Kami juga sudah meneliti beberapa universitas terbaik di kota medan, berikut contohnya : 

Universitas Sumatera Utara (USU)

Seperti kota besar lainnya, Medan memiliki sejarah perguruan tinggi yang panjang. Salah satu universitas tertua di Medan adalah Universitas Sumatera Utara (USU). Universitas negeri ini didirikan pada tahun 1952 dengan nama Yayasan Universitas Sumatera Utara.

Lokasi kampus induk USU sangat strategis, terletak di kawasan Padang Bulan, dekat pusat kota Medan. Kawasan Padang Bulan memiliki luas yang relatif luas yakni kurang lebih 120 hektar. Selain itu, terdapat kampus USU lainnya yang terletak di sekitar kota Medan.

Universitas Negeri Medan (UNIMED)

Unimed merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Medan. Lembaga ini pertama kali didirikan pada tahun 1963. 23 November sebagai Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP Medan) di Medan, Sumatera Utara. Setelah hanya menawarkan program gelar (D.C.) sebagai Sarjana Pra-Pendidikan (S.Pd), lembaga ini diubah menjadi universitas pada tanggal 7 Oktober 1999.
Selain transfer universitas, Unimed juga memperluas penawaran programnya dengan memasukkan program universitas non-pengajaran seperti Bachelor of Science (SCC), Bachelor of Economics (SE), Bachelor of Arts (SS) dan lain-lain. gelar atau derajat. Program non-akademik ditawarkan.

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)

Universitas Muhammadiyah Sumatera atau sering disingkat UMSU merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di dataran provinsi Sumatera Utara. Universitas ini dianggap sebagai salah satu universitas swasta terbaik dalam hal hasil dan jumlah mahasiswa. UMSU telah mencapai kesuksesan dan pengakuan besar. Selain itu, universitas ini memiliki banyak program pendidikan, termasuk akreditasi yang menjadikannya salah satu universitas terkemuka. Menariknya, UMSU menjadi perguruan tinggi swasta pertama di Sumut yang memperoleh akreditasi terbaik.

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU)

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) merupakan salah satu perguruan tinggi di Medan yang fokus pada pengembangan ilmu keislaman. Lembaga ini didirikan pada tanggal 19 November 1973 dengan nama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumatera Utara (IAIN US). Kemudian pada tanggal 16 Oktober 2014, IAIN AS resmi berubah status menjadi UINSU.
Terbentuknya IAIN AS setidaknya dibentuk oleh dua faktor utama. Pertama, belum ada perguruan tinggi Islam resmi di Sumut saat itu. Kedua, pesatnya perkembangan madrasah, pesantren, dan lembaga pendidikan setingkat SMA di daerah memerlukan dukungan perguruan tinggi.

Awalnya universitas ini hanya memiliki dua fakultas, yaitu Fakultas Syariah (yang merupakan cabang dari IAIN Ar-Raniry Banda Aceh) dan Fakultas Tarbiyah (yang merupakan bagian dari IAIN Imam Bonjol Padang). Saat ini UINSU telah mendirikan delapan fakultas yang menawarkan berbagai program studi di bidang ilmu sosial, sains, dan teknologi.

Sekian informasi tentang beberapa Kampus Terbaik Di Medan, semoga membantu kalian yang ingin kuliah khususnya di medan sumatera utara, terimakasih.